3. Sampah yang Tak Boleh Dibuang

Takhayul ini mungkin paling disukai oleh anak-anak yang malas. Larangan untuk membersihkan rumah selama Imlek muncul karena ketakutan bahwa berkat-berkat yang turun dari surga akan ikut “tersapu” keluar dari dalam rumah. Paling tidak, alasan untuk tidak membersihkan rumah ini berlaku selama lima hari pertama, ketika hujan berkat itu masih turun.

4. Tamu yang Tidak Dapat Dikunjungi

Pada hari ke-3 (dua hari setelah Imlek), kebiasaan lama menyarankan orang-orang untuk tinggal di rumah dan tidak keluar dengan keluarga atau teman-teman. Mereka percaya bahwa pada hari itu, Dewa Murka chì kǒu  (赤口) akan turun ke bumi dan berjalan-jalan.

Jadi, ada lagi alasan untuk bolos sekolah, bukan?

5. Yang Harus Dilakukan Ketika Pukul 00.00 Tiba (Tidak Berhubungan dengan Cinderella)

Pintu dan jendela rumah dipercaya sebagai gerbang masuk untuk semua berkat dan kebaikan. Ketika pintu dan jendela itu dibuka, segala pengalaman buruk dari tahun lalu akan keluar, berganti dengan angin baru tahun baru yang masuk. 

Akan tetapi, bila Anda memutuskan untuk membuka pintu dan jendela mulai pukul 00.00 tengah malam, jangan lupa mempersiapkan orang untuk menjaga keamanan rumah. Kalau tidak, bukan hanya angin berkat yang akan masuk ke rumah Anda.

Sobatku, sambil kita bersilahturami dan merayakan Imlek dengan keluarga dan teman-teman, mari berikan perhatian lebih kepada kebiasaan-kebiasaan yang ada dan bilamana kita sendiri sedang melakukannya.

Yang terakhir dan tidak kalah menarik adalah, bahwa Anda bisa memakai informasi-informasi ini sebagai bahan pembicaraan sambil menunggu hóng bāo dibagikan di rumah-rumah yang dikunjungi.

Selamat Tahun Baru Imlek!

Baca juga artikel-artikel dari penulis yang sama ini:

Kamu Bisa Melompat Lebih Tinggi! Tidak Percaya? Kutu Loncat Akan Membuatmu Percaya, Kamu Memang Bisa!

Saat Harimu Berantakan, Kamu Merasa Berada di Titik Terendah Kehidupan dan Kehilangan Harapan, Satu Pertanyaan Ini Mungkin Bisa Mengubah Keadaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here