Apa yang membuat You tertarik?

Yang membuat saya suka dengan dia karena dia energik, semangat, dan ceria.

Gimana cara You memenangkan hatinya?

Untuk memikat hatinya, saya hanya berusaha serius. Begitu saja. Karena saya flat orangnya, tidak perlu terlalu berusaha dengan keras. Buat saya, saya menyatakan serius, dia mau, ya sudah.

Bagaimana awal Anda memasuki dunia rumah tangga?

Lima tahun awal pernikahan kami lalui dengan baik-baik saja, sekalipun sering juga bertengkar. Lebih tepatnya jika Celine marah, dia seringkali meledak-ledak dan tidak bisa mengendalikan kemarahannya. Jika saya berdebat maka pertengakaran akan bertambah besar. Dari sisinya, Celine merasa saya cuek dan kurang bisa mengerti perasaannya. Saya akui juga, terkadang kata-kata saya bisa melukainya. 

Apakah yang Anda impikan sebelum menikah tercapai?

Saya anggap tercapai sekalipun banyak lika likunya juga. Saya punya impian setelah menikah, antara lain: kami mempunyai anak, keadaan ekonomi berkembang, dan kami berdua bisa pelayanan bersama. Saya juga pernah berdoa ingin melayani Tuhan bersama istri. Kami pun pernah diberi kesempatan aktif di sebuah gereja lokal.

Pada tahun 2013 keluarga kami sempat amburadul. Impian saya rasanya hancur berantakan. Apa yang diharapkan berbeda dengan kenyataan yang dihadapi.

Seberapa sering Anda bertengkar dengannya pada awal pernikahan? Biasanya apa penyebabnya? Bagaimana menyelesaikan konflik?

Jika dihitung, kami bertengkar dua sampai tiga kali dalam sebulan. Kebanyakan penyebabnya adalah perbedaan karakter dan perbedaan nilai di antara kami berdua. Dia sanguine dan saya lebih cenderung plegmatis. Awalnya pada waktu mencari pasangan, saya memang suka yang sanguine.

Tetapi pada masa pernikahan, justru perbedaan karakter itu menjadi potensi konflik dalam keluarga kami. Perbedaan background, perbedaan pendidikan, perbedaan hal yang disukai, semua itu bisa menjadi potensi konflik dalam rumah tangga kami saat itu.

Bagaimana Anda menyelesaikan konflik tersebut?

Pada waktu itu solusinya adalah saya berusaha diam dan meminta maaf. Saya mencoba untuk mengalah sebisa mungkin, tetapi sebenarnya tidak selesai dalam hati. Pada saat-saat tertentu akan meledak dan konflik timbul kembali.

Saat konflik, apa yang terjadi? Saya dengar bapak sudah pernah tidak serumah dengan istri, sampai berapa lama? Apa penyebabnya? Bagaimana bisa akhirnya dia kembali?

Setelah melewati proses rumah tangga yang panjang, saya mulai memikirkan ulang dan merenungkan apa yang sebenarnya terjadi waktu itu. Konflik dan kejadian yang terjadi dalam rumah tangga kami cukup kompleks dan benar-benar tidak mudah. Ada baiknya menceritakan secara singkat background dan apa saja yang terjadi waktu itu.

Celine dibesarkan di dalam sebuah keluarga yang menurut saya cukup broken sekalipun kedua orang tuanya tidak bercerai. Mama Celine adalah seorang dominan yang cukup keras waktu itu, tapi sekarang sudah banyak berubah. Mamanya sangat otoriter dan keras. Mungkin ini adalah salah satu penyebab juga Celine ingin cepat-cepat menikah di waktu umurnya masih muda dan ingin segera keluar dari rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here