3. Bebas Mengejar Cita-Cita

Bagi sebagian orang dalam kasus tertentu, pacaran bisa menghambat karier dan cita-cita. Seorang rekan ingin mengambil S2 di luar negeri, tetapi pacarnya tidak rela untuk berhubungan jarak jauh dalam waktu yang relatif lama. Tujuan hidup dan masa depan perlu didiskusikan bersama dan saling mendukung. Lah kalau jomblo, perlu dukungan dari siapa lagi selain dari orangtua?

 

4. Lebih Hemat Secara Finansial

Pacaran bukan cuma modal cinta, tetapi juga uang. Minimal untuk ongkos dan makan. Apalagi untuk para pejuang LDR, tak sedikit kocek yang perlu dirogoh untuk bertemu dengan si dia. Sepasang kekasih tentu perlu memilikirkan kepentingan bersama, sedangkan para jomblo lebih bebas menggunakan uang untuk kebutuhan pribadi. Dana dapat dialokasikan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

 

5. Mencoba Hal Baru dan Mengembangkan Diri

Para jomblo tentu memiliki waktu luang yang lebih banyak. Tidak perlu meluangkan waktu untuk bertemu atau teleponan dengan pasangan. Kesempatan itu dapat dipergunakan untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan diri. Misalnya: travelling, mencoba berbisnis, ikut kursus tertentu, membaca, dsb. Hal-hal tersebut memang bisa dilakukan bersama, tetapi mungkin sulit menemukan waktu yang cocok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here