4. Menemukan Hikmat atau Kebijaksanaan dalam Menjalani Kehidupan

Dengan menyediakan waktu untuk berefleksi, kita akan merenungkan setiap hal yang telah berlalu. Dalam perenungan itu kita akan memetik berbagai pelajaran atau kebijaksanaan yang dapat menjadi prinsip dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tanpa menyediakan waktu untuk merefleksikan kehidupan, maka sulit bagi kita untuk menemukan hikmat yang dapat kita hidupi.

Kita bisa mengetahui hikmat dari pengalaman orang lain, namun itu hanya menjadi kata-kata yang tak banyak punya makna, karena kita tak mengalaminya.

5. Bahan untuk Sharing kepada Orang Lain mengenai Kehidupan

Prinsip yang telah kita dapat dalam refleksi kita dapat menjadi bahan sharing kepada orang lain, agar orang lain juga boleh belajar tentang kehidupan. Refleksi tersebut dapat berupa tulisan yang dibagikan kepada banyak orang, ataupun bahan pembicaraan saat berkumpul dengan keluarga dan kolega.

Bagaimana cara merefleksi kehidupan? Tidak ada cara yang baku dalam melakukannya, kita hanya perlu melakukan sesuai dengan gaya dan kepribadian kita. Memikirkan perjalanan kehidupan serta menarik pelajaran yang bermanfaat.

Begitu banyak manfaat dari menyediakan waktu merefleksikan kehidupan ini, mengapa Anda tidak mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here