Dalam film, Ainun sendiri mengibaratkan ia dan Ahmad “berada dalam buku yang sama tapi halaman berbeda”. Sedangkan bersama Habibie, Ainun seperti dalam frekuensi atau gelombang yang sama. Ada klik yang terjadi di antara mereka; langsung nyambung.

Baca juga: 7 Ucapan Habibie tentang Cinta yang Layak Kita Renungi

2. Memiliki Rencana Masa Depan

Tidaklah cukup memiliki pasangan hidup yang pandai, pintar ngomong, suka mendengar dan menghibur, kaya, suka melancong, tetapi sulit menjawab bila ditanya tentang rencana masa depan. Sejak muda Habibie sudah memiliki impian masa depan yang hebat. Cita-citanya untuk membuat pesawat bagi Indonesia diwujudkannya dengan menuntut ilmu di luar negeri.

Pribadi yang matang pastilah memiliki rencana masa depan untuk dirinya. Rencana ini termasuk memilih pendidikan, pekerjaan dan jalan hidup, dengan segala pertimbangan manfaat dan risiko baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat luas. Kalau untuk diri sendiri saja tidak ada rencana masa depan yang jelas, bagaimana mungkin seseorang dapat memikirkan masa depan hidup dengan pasangan? Padahal penting sekali bagi pasangan kekasih untuk merencanakan bersama mencapai tujuan yang jelas sebelum memasuki jenjang pernikahan.

Habibie yang telah memiliki rencana masa depan bagi dirinya sendiri juga mendorong Ainun untuk menggapai cita-citanya terlebih dahulu. Sedari awal menjalin hubungan, meski terpisah jarak, Habibie mendorong diri sendiri dan Ainun untuk mewujudkan rencana masing-masing.

Baca juga: Menemui Cinta di Keabadian, Habibie dan Kepulangan yang Telah Lama Dinantikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here