Inilah kehidupan. Tak selalu kita mendapatkan yang setimpal dengan kerja keras yang kita lakukan.

Hidup ini bukan matematika dengan segala kepastian yang ada. Hidup ini senantiasa menghadirkan intervensi bahkan misteri sebagai kejutan yang kadang tak menyenangkan.

Baca Juga: Tidak Selalu Kita Punya Jawaban untuk Setiap Pertanyaan. Hidup adalah Misteri untuk Dijalani, Bukan Sekadar Masalah untuk Dipecahkan

 

Makin lama menjalani kehidupan, saya makin akrab dengan intervensi yang mengubah arah hidup. Mulai dengan NEM yang tertukar, buta warna yang diderita, surat permintaan praktik satu tahun dari sebuah gereja besar yang tak sampai ke sekolah sehingga saya berada di tempat lain, rencana studi doktoral yang tertunda dan bisa jadi malah tak terpikirkan lagi ketika anak kedua kami didiagnosis speech delay dan membutuhkan perhatian ekstra. Sungguh bukan hal yang mudah untuk mengalami intervensi kehidupan seperti ini.

Rencana gagal dan berantakan. Hidup harus dibangun ulang di atas puing-puing harapan.

Kini, kalau saya bisa melayani dan bekerja di bidang-bidang yang Anda lihat dan rasakan dampaknya, maka saya ingin mengatakan sejujurnya,

”Bukan ini hidup yang saya rencanakan. Bukan ini cita-cita saya.”

Ini adalah jalan yang dibuka oleh Kehidupan untuk saya. Seperti ada tangan yang tak terlihat yang mematahkan rencana-rencana dan mendesain ulang rangkaian perjalanan yang ada. Tugas saya hanya menjalaninya.

Saya bisa menjalani dengan setengah hati atau dengan gembira. Pilihan dan kebebasan ini ada di tangan sendiri. Saya memilih untuk menjalaninya sebaik mungkin. Tak selalu gembira, tapi selalu mengupayakan yang terbaik.

 

Satu hal yang saya pelajari:

Bercita-citalah, hanya jangan terlalu erat menggenggam cita-cita itu. Bila Kehidupan mengambilnya, tangan kita akan terluka.

Pegang cita-citamu dengan tangan terbuka, agar ketika Kehidupan mengambilnya, walau tak rela, tak akan lara terasa.

 

Dan percayalah:

Tak pernah Kehidupan mengambil cita-citamu, selain untuk menggantinya dengan yang lebih baik.

Lebih baik di mata Sang Empunya kehidupan.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here