Semangat yang besar dan energi positif sangat terasa ketika wanita cantik itu berlari lincah ke tengah panggung. Dengan ciri khasnya yang suka mengenakan pakaian berwarna merah, dia menyapa ribuan peserta yang memenuhi ruangan seminar hari itu. Siapakah dia? Ya, dia adalah Merry Riana.

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk melihat Merry Riana secara langsung dalam sebuah seminar. Selama ini saya mengenal sosoknya melalui bukunya Mimpi Sejuta Dolar dan juga film yang berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Meski demikian, wanita yang berhasil menghasilkan satu juta dolar pertamanya di usianya yang masih 26 tahun ini menginspirasi saya bukan dari kesuksesannya menghasilkan uang.

Akan tetapi dari karakter, integritas, dan pembawaan dirinya.

Jika kesuksesan hanya diukur dari nilai uang dan materi, tentunya ada sangat banyak orang sukses di luar sana. Namun, kesuksesan sesungguhnya tak hanya diukur dari seberapa banyak uang atau materi yang kita hasilkan atau miliki. Dalam pandangan saya,

Orang sukses adalah orang yang bisa menjadi berkat lewat kehidupannya, bisa menginspirasi, bahkan membantu banyak orang untuk mencapai kesuksesan. Click To Tweet

 

Kesuksesan tidak hanya untuk diraih, tetapi terlebih lagi harus dipertahankan. Sebab, jauh lebih susah mempertahankan daripada meraihnya. Banyak orang yang sudah sukses, tetapi akhirnya jatuh, bahkan hancur. Mengapa ini bisa terjadi? Sering kali karena karakter yang ada di dalam diri mereka. Banyak orang yang belum “siap” untuk sukses. Saat mereka mencapai apa yang mereka inginkan, mereka akan merasa hebat, menjadi sombong, menganggap dirinya lebih dari orang lain.

Kerendahan hati adalah salah satu modal utama orang sukses.

Satu hal yang paling saya suka dari Merry Riana adalah karena dia selalu menyertakan Tuhan. Menjadikan berdoa dan bersyukur sebagai salah satu hal utama dalam hidupnya. Dia tak menganggap dirinya hebat. Semuanya karena anugerah Tuhan dan buah dari ketekunan.

Kerendahan hati juga ditunjukkan melalui ucapannya. “Jika saya bisa, kamu juga pasti bisa,” adalah kalimat yang paling sering kita dengar dari Merry Riana. Dia tak merasa bahwa dirinya saja yang mampu, tetapi semua orang juga bisa sukses. Yang membuat berbeda di sini adalah tekad, niat, dan ketekunannya.

Banyak orang ingin sukses, tetapi mereka tak mau berusaha. Mereka hanya bilang ingin sukses, tetapi tak berani melangkah, takut gagal.

Baca Juga: Tidak Perlu Takut Menjadi Perempuan Sukses! Belajar dari Najwa, Begini Cara Perempuan Menyikapi Kesuksesan dengan Elegan

 

 

Apa yang Sudah Kamu Lakukan hingga Kamu Merasa Pantas Memperoleh Kesuksesan?

Sudahkah kamu memberikan “segalanya”?

Banyak orang ingin suksesnya, tetapi enggan dengan prosesnya. Jangan menilai orang hanya dari kesuksesannya. Namun, lihatlah setiap tetes perjuangannya hingga berhasil mencapai titik tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here