2. Menyalahkan orang lain

“Apa tidak dijual saja?” ucapan Euis begitu melihat rumah tua dan bobrok itu mengusik batin Abah yang paling dalam.

Ditambah ketidakbetahan Euis di sekolah kampug yang tentu berbeda jauh secara kualitas dengan pendidikan yang dia terima di Jakarta membuat perasaan Abah bergolak di dalam hati seperti lava yang setiap saat akan dimuntahkan.

Dia merasa keluarga—khususnya anak-anaknya tidak mendukung dia di kala hari-hari mendung. Apalagi saat Euis minta izin untuk bertemu dengan teman-temannya dulu di Bogor. Dengan kekeuh, Abah melarang anak sulungnya pergi karena alasan biaya yang tidak sanggup dia ucapkan.

“Abah, adek nggak mau ultah,” celetuk Ara, diperankan Widuri Putri Sasono, menyentak Abah saat motornya gembos di jalan. 

“Lho, mengapa?” tanya Abah.

“Nanti kalau Adek besar, Adek tidak mau dimarahi seperti Teh Euis,” ujar si bungsu yang membuat mulut Abah terkunci.

3. Menyalahkan diri sendiri

Kegagalan demi kegagalan di dalam mencari pekerjaan baru—karena faktor usia—membuatnya diam-diam ‘makan dalam’. Pekerjaan sebagai tukang bangunan pun rela dia ambil agar ekonomi rumah tangga sedikit stabil. Kecelakaan kerja yang membuat kakinya patah membuatnya harus istirahat di rumah.

Beban yang ditambahkan di punggungnya karena melihat sang istri bukan hanya kerepotan mengurus diri dan kedua putrinya, melainkan juga menggoreng opak sampai malam untuk dijual membuat daya tahan psikisnya ambrol. Beruntung sekali dia mempunyai istri, diperankan begitu menyentuh oleh Nirina Zubir, yang bukan saja penyabar dan berbudi luhur, melainkan juga menjadi penghibur dan pelipur yang tak pernah luntur di tengah ekonomi yang hancur.

“Tak seorang pun yang menyalahkan Abah,” ujar emak. 

Jika kita bisa mengendalikan diri untuk tidak menyalahkan siapa-siapa, yang ujung-ujungnya bisa menyalahkan Tuhan, keluarga kita tetap bertahan di situasi dan kondisi apa pun. 

Do my best, so that I can’t blame myself for anything.’ Magdalena Neuner.

Baca Juga:

Relasi Keluarga Nyata dalam Kelindan Dunia Maya: Review Film “Searching” [Major Spoiler Alert]

Tahun Baru, Belum Bisa Move On? Belajarlah dari Bumblebee [spoiler alert]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here