3. Setiap Organisasi Pasti ada Konflik

Jangan keluar organisasi hanya karena ada perbedaan pendapat. Apalagi perbedaan sifat antar anggota. Ya, kadang-kadang kamu harus mempertahankan pendapat, tetapi ada kalanya kamu mengalah dan menerima keputusan yang ada. Pada posisi ini, kamu dilatih untuk memahami orang lain. Karena itu, cari organisasi yang mau mengatasi konflik, bukan lari dari kenyataan.

Ada loh mahasiswa yang lari dari konflik, sampai ia menyadari saat ia mau mengatasi konflik, usahanya akan membuahkan hasil yang lebih baik.

 

4. Nilai-Nilai Kuno Seperti Integritas Juga Perlu Kamu Temukan dalam Organisasi

Jangan mudah terjerumus pada hal-hal yang tidak benar. Misalnya, mengambil sesuatu yang bukan hakmu. Banyak organisasi yang menghalalkan segala cara untuk kepentingan pribadi atau anggotanya, akibatnya intergritas setiap orang yang ada dalam organisasi itu dipertanyakan!

Ingat, integritas berarti berdiri di atas nilai-nilai dan moral yang kamu yakini, dalam kondisi apa pun. Seperti menjelaskan kepada teman-temanmu bahwa tidaklah benar mengambil sesuatu yang bukan milikmu.

 

5. Pilih Organisasi yang Mempercayakan Suatu Tugas Untukmu

Melalui tugas yang kamu lakukan, tentu kamu berusaha menyelesaikanya. Dengan segala kemampuan yang ada pada dirimu, kamu menunjukkan bahwa kamu dapat dipercaya. Apakah kamu yakin?

Boleh saya uji sejauh mana saya dapat mempercayai kamu?

Ini tes kepercayaan. Beri saya jawaban YA/TIDAK dalam hatimu,

“Aku adalah aku saat berdiskusi bersama-sama dengan orang lain.”

“Aku menyadari keberhasilan organisasi ini bukan semata-mata kerana aku, tetapi adanya tim.”

Bagaimana?

Jika kamu menjawab “ya” pada dua pertanyaan itu, kamu adalah pemimpin yang dapat dipercaya.

Jika kamu menjawab “tidak”, perbaikilah dan lihatlah sekitarmu.

Pada saat kamu bergabung dalam organisasi, tentu hal itu menguntungkan bagi pengembangan softskill dalam dirimu; seperti melatih kepemimpinan, komunikasi, disiplin, tanggung jawab, dan empati terhadap setiap persoalan. Artinya, kamu bisa mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Nah, sangat dianjurkan kepada kamu untuk bergabung dalam organisasi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

 

Baca Juga:

7 Cara Menghadapi Kritik Tanpa Menjadi Kropos

Dulu Bermusuhan, Kini Menjalin Persahabatan. Dari Teman Warga Negara Belanda, Saya Belajar 5 Hal Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here