Robin Hood yang Tak Selalu Perkasa

Seorang Robin Hood bukanlah pria yang tidak mengenal rasa takut. Dikisahkan berkali-kali ia merasa takut dan hampir menyerah, terutama ketika John tertangkap oleh Sheriff dan pasukannya. Namun orang-orang di sekitarnya selalu mendukungnya dan mempercayainya.

Because you are what you believe. Jika engkau percaya dirimu seorang pengecut, maka engkau adalah seorang pengecut dan seluruh tindakanmu akan mencerminkan tindakan seorang pengecut. Namun jika engkau percaya dirimu seorang pejuang yang tangguh, maka engkau akan menjadi seorang pejuang yang tangguh. Keyakinan itulah yang membuat seorang Robin Hood pantang menyerah hingga tujuannya tercapai.

“Rise and rise again, until lambs become lions.”

Quote terakhir ini tidak berasal dari film Robin Hood terbaru, namun bukankah terlalu sayang jika dilewatkan?

Robin Hood adalah seorang pria penggerak revolusi. Revolusi itu mungkin sudah ada dalam benak rakyat namun perlu seseorang atau sesuatu untuk memulainya. Itulah mengapa Robin Hood tidak dianggap sebagai seorang kriminal, melainkan diperlakukan bagai pahlawan oleh rakyat.

Baca juga: Menghayati Tulusnya Persahabatan Lewat Lirik Lagu-Lagu Tulus

Dalam revolusi selalu ada dua sisi bagaikan mata koin, dan selalu ada dua pendapat yang saling bertentangan tergantung dari kepentingan masing-masing. Kini kita melihat dari sisi rakyat yang sudah muak dengan perlakuan pemerintah yang semena-mena dan menindas kaum lemah. Kaum lemah ini diibaratkan domba yang akan berubah menjadi singa yang akhirnya ditakuti jika semuanya bersatu dan membuat perubahan. Bahkan kekuasaan dan uang akan tunduk juga jika seluruh rakyat bersatu untuk melengserkan para penguasa.

Walau demikian, kekuasaan dan uang bisa juga kembali membuat penguasa-penguasa baru. Perjuangan Robin Hood dikisahkan belum berakhir, karena ada penguasa baru yang ditunjuk sebagai pengganti Sheriff of Nottingham. Membuat kita merasa penasaran akan kelanjutan kisah ini di film berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here