Sepasang suami-istri muda telah tiga tahun menikah tetapi belum dikaruniai anak. Sang suami sangat sedih dengan kondisi mereka. Ia sering menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bisa memiliki anak.

Mencoba menghibur suaminya, suatu ketika sang istri berkata, “Yang, sudahlah, gak usah sedih. Coba lihat koko itu [maksudnya saya – penulis]. Dia malah, sudah usia segini, tinggal sendiri, gak ada istri, mengerjakan apa-apa sendiri, tetapi bisa tetap bahagia.”

Baca Juga: Bukan Gak Laku, Ini 6 Alasan Logis Mengapa Seseorang Memilih Menjadi Jomblo Hingga Kini

 

Ya, sendirian tidak identik dengan kesepian, bukan?

Banyak orang yang sudah menikah dan punya anak, tetap saja masih merasa kesepian.  Sebaliknya, tidak selalu yang hidup sendiri bergelut dengan kesepian.

Saya adalah seorang pria single berusia 35 tahun. Awalnya, saya sempat juga mengalami kesepian. Akan tetapi, sekarang saya sangat menikmati hidup single dan menjalaninya dengan bahagia.

Inilah beberapa tips bagaimana menjalani hidup single tanpa harus merasa kesepian, bahkan tetap bahagia.

 

1. Perhatikan pola pikir

Rasa kesepian itu sesungguhnya berangkat dari pola pikir. Banyak orang single merasa kesepian, mengapa? Karena pikirannya suka menghakimi dirinya sendiri.

“Lihat teman-temanmu udah pada nikah, udah pada punya anak. Kalau ke mal bisa berdua, kalau malam ada yang peluk, kalau pulang kerja dimasakin, kalau ke undangan ada gandengan. Truk aja punya gandengan, kamu kok masih sendiri?” Ketika pikiran kita diisi dengan hal-hal demikian, percayalah, kesepian akan terus menghantui.

Isi penuh pikiranmu dengan hal-hal positif. Ganti pikiran menghakimi dengan pikiran yang bersyukur. 

Bersyukurlah kamu masih bisa bekerja. Bersyukur punya sahabat. Bersyukur masih bisa menikmati hobi tanpa gangguan. Bersyukur bisa pergi sesuka hati tanpa perlu pusing soal anak. Bersyukur ada keluarga yang mengasihimu. Bersyukur bisa terlibat banyak di komunitas atau organisasi manapun. Bersyukurlah untuk banyak hal.

Latihlah dirimu untuk senantiasa berpikir positif!

Baca Juga: Kamu Masih Punya Masa Depan, Seburuk Apa pun Kesalahanmu di Masa Lalu. Hidupmu Tidak Sempurna, Bukannya Tidak Berharga

 

2. Aktif berkarya

Hidup sebagai single atau lajang punya satu kelebihan utama:

Memiliki waktu lebih banyak dibandingkan mereka yang sudah memiliki pasangan, apalagi yang sudah memiliki anak. 

Sadarilah itu!

Jadikan waktu yang lebih luang itu sebagai kesempatan untuk berkarya. Salurkan energi dan pikiranmu dengan hobi-hobi yang positif: Fotografi, menulis, berpuisi, traveling, kulinari, dan sebagainya. Berkarya dan berdampaklah bagi banyak orang. Ketika hasil karyamu diapresiasi orang, itu akan memberikan kesegaran dan semangat sendiri untukmu.

2 COMMENTS

  1. Suka ko tulisanmu .. aku wanita single 36th.. happy dan bisa keliling dunia dg tabungan hasil kerjaku tanpa ganggu keuangan orang lain Trimakasih ko inspirasinya .Tuhan memberkati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here