Ketika sang artis ditangkap polisi, saya menyadari bahwa banyak orang yang tidak bakal menduganya. Kehidupan keluarga bersama anak yang menjadi contoh keluarga panutan di kalangan artis. Tak kalah lagi di keluarga artis tersebut menerapkan gaya hidup sehat dan serba alami. Keluarga mereka menjadi contoh keluarga bahagia bagi keluarga – keluarga yang lain. Dari hubungan suami istri serta hubungan orangtua dan anak yang begitu harmonis.

Apa yang membuat publik dan juga para penggemar tidak menduga bahwa hal tersebut akan terjadi kepada sang artis idola?

Patokan penilaian manusia pada umumnya adalah apa yang tampak di hadapan mata. Jika terlihat baik, bahagia, harmonis, maka seperti demikianlah kondisi yang sebenarnya. Pada kenyataannya, setiap rumah  tangga, juga setiap pribadi memiliki pergumulan sendiri yang tak pernah diketahui orang lain.

Media sosial tentu hanya akan menampilkan sisi yang baik dari pribadi seseorang. Bukan hanya sang artis tersebut, kalangan masyarakat biasa-biasa saja pun kerapkali akan menampilkan sisi terbaik dari sebuah kehidupan. Menyaring post, mengedit tampilan, menata dan mengatur kata-kata yang tertera di media sosial, semua dilakukan demi satu alasan: menampilkan sisi terbaik dalam dirinya.

Kapasitas lain manusia adalah sebagai penilai. Apapun bisa menjadi sasaran penilaian manusia, termasuk perilaku baik atau buruk orang lain. . Kita juga tidak bisa menghalangi orang untuk memberi penilaian terhadap sesuatu. Bukan berarti kita membiarkan penilaian yang tak sesuai fakta. Tak salah jika kita memilih menjadi pribadi yang cepat menilai, asalkan apa yang kita nilai sesuai dengan kebenaran.

Jika memang perbuatan salah harus dinilai salah, juga bila perbuatan baik patutlah dinilai baik. Tidak ada abu-abu karena yang ada hanyalah benar atau salah.

Ketika artis idola tertangkap karena narkoba, selain kecewa, ingatlah satu hal ini:

Manusia menilai apa yang nampak di depan mata, sedangkan realita yang sebenarnya seringkali tak terlihat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here