Selain ucapan salam dan harapan, salah satu kalimat yang sering muncul dari si pemberi angpao adalah, “Jangan lihat isinya, lihat artinya ya.”

Kepada anak-anak, kalimat ini mengajarkan bahwa besarnya penghargaan dan ucapan terima kasih yang muncul itu tidak boleh diukur dengan nominal yang ada di dalam angpao, tetapi dari niat hati si pemberi. Banyak atau sedikitnya uang yang terbungkus tak dapat mewakili sepenuhnya kasih sepenuh hati dari si pemberi.

Sebagai orang tua, kami bisa melihat betapa penting dan berharganya nilai ini dalam kehidupan seseorang. Karena itu, kamipun tidak henti-hentinya mengajarkan dan mengulangnya kepada anak-anak kami. Setiap kali ada kesempatan, kami mengajarkan mereka untuk berterimakasih tanpa melihat besar kecilnya kebaikan yang telah diberikan kepada mereka.

Kepada orang yang dituakan, kalimat “Jangan lihat isinya, lihat artinya ya,” mewakili kesadaran dari si pemberi bahwa jasa yang telah mereka terima itu tidak akan pernah bisa dibalaskan dengan perbuatan apapun, apalagi hanya dengan sejumlah uang. Isi angpao itu hanyalah mewakili secuil saja dari hati yang penuh dengan terima kasih, hati yang telah dipenuhi kebaikan dan kebajikan dari orang tua.

Sekalipun kalimat “Jangan lihat isinya, lihat artinya ya” kerap diucapkan, tidak berarti bahwa si pemberi mengisi uang seadanya dan memberikannya tanpa pemikiran. Sebisa mungkin, mereka akan mencari dan mengumpulkan uang terbaru dan paling cantik untuk dimasukkan ke dalam amplop itu. Bila perlu, mereka akan mencoba menukarkannya ke bank. Ada juga orang-orang yang mengumpulkan uang baru sepanjang tahun, sedikit demi sedikit, untuk kemudian disatukan menjadi pemberian yang terbaik.

Memberi, Namun Bukan dengan Angpao

Persembahan terbaik juga bisa terlihat dari penampilan terbaik dari setiap keluarga. Entah itu baju baru atau baju lama, setiap keluarga akan mempersiapkan diri dan anak-anaknya untuk menjadi yang terbaik. Bila perlu, ayah dan ibu akan mengingatkan kembali bagaimana cara bersikap ketika bertamu ke rumah teman dan kerabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here