3. Menggarisbawahi hal yang penting saat belajar

Menggaris-bawahi bukan menjadi hal yang susah bukan? Ternyata tips yang ini juga sangat membantu lhoo. Kenapa saya bilang sangat membantu? Karena biasanya guru menjelaskan dan menyuruh siswa untuk menggaris-bawahi karena itu penting dan bisa masuk dalam materi ulangan, tugas, dan masih banyak lagi. Menggarisbawahi itu mudah, bukan? Hanya menggunakan penggaris, stabilo, pulpen dan masih banyak lagi.

Jika dibilang menggaris bawahi itu bukannya hal yang menyengkan? Bagi saya itu sangat menyenangkan karena dengan melihat catatan indah yang digaris tentu saja lebih semangat dalam belajar, bukan? Kenapa juga saya berkata seperti ini? Karena saya mengalami. Pada saat catatan kita kosong dan berantakan tentu akan membuat malas belajar dan tidak ada semangat. Oleh karena itu tips ini sangat berguna walaupun simple.

4. Meminta tolong teman untuk mengajarkan

Di dunia ini Tuhan menciptakan manusia untuk saling membantu sesama, bukan? Iya itu benar, kita sebagai manusia membutuhkan menusia lain untuk bisa saling membantu. Tanpa orang lain kita tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, Tuhan mendatangkan teman, sahabat dan lain-lain untuk bisa berinteraksi satu sama lain.

Saling membantu bukan hanya di luar sekolah saja, tetapi di area sekolah harus juga membantu sesama. Sama hal-nya pada saat masa panemi Covid-19 ini dibutuhkannya kerja sama antara sesama siswa, guru dan lain-lain. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini jangan pernah mencari teman hanya untuk disaat lagi butuh dalam hal sekolah ya! Namun, kita harus mencari teman yang setia dan selalu ada, juga suka membantu layaknya sahabat sendiri. Jika kita belum mengerti, maka kita bisa  bertanya dan meminta penjelasan kepada teman dari ilmu sahabat atau teman, kitajuga bisa memahami sedikit demi sedikit. Akhirnya, kita akan memahami pelajaran.

5. Fokus dalam belajar

Dalam sekolah online pasti banyak sekali kan godaan-nya? Bisa bermain game, ketiduran dan masih banyak lagi. Sehingga, sebisa mungkin jika sedang pembelajaran online atau zoom, hindari gadget di dekat kalian, jangan sampai kalian malas mendengarkan sehingga dapat merugikan diri sendiri lho. 

Banyak siswa yang fokus belajar sehingga mereka bisa memahami pelajaran dengan baik. Jika fokus dalam belajar saya yakin kalian bisa mendapat ilmu untuk masa pendidikan kalian kedepan nya lho! Tetapi jika malas belajar dan lebih memilih bermain game jangan salahkan guru jika banyak materi yang kurang paham sehingga kurang bisa. Semangat dalam fokus pendidikan di masa pandemi ini saya yakin anda bisa!

Sebisa mungkin jauhkan segala godaan dari kalian ya! sehingga bisa belajar dengan fokus dan tenang. Jangan juga mudah terpancing oleh adanya pengaruh buruk yang membuat malas belajar ya!. Kerajinan akan membuahkan hasil yang menguntungkan kok. 

Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, sebagai siswa kita harus lebih semangat lagi dalam belajar. Kondisi sekarang memang bukan kondisi yang dulu tetapi saya yakin kalian pasti bisa bila tidak ada kata nyerah! Saya juga memiliki sebuah quotation Never give up because the difficulties we are facing now will make us stronger. Semoga bisa menginspirasi pembaca yaa! 

*penulis adalah siswi SMP Gloria 2, Surabaya


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here