2. Tentang Relasi dalam Pernikahan

Suami dan istri walau sudah puluhan tahun hidup bersama, mungkin masih saling tak memahami kesulitan masing-masing.

Hal kedua yang ingin diajarkan dalam film ini adalah setiap rumah tangga walau sudah berjalan puluhan tahun, 19 tahun dalam pernikahan Hong Dae Yong dan Jung Da Jung, pada kenyataannya belum tentu saling memahami kesulitan masing-masing.

Sering kali si istri merasa telah melakukan segalanya bahkan mengorbankan segalanya untuk mengurusi rumah tangga dan juga anak, namun merasa suami tak memahami kesulitan yang dialaminya dan mungkin meremehkan pekerjaan rumah tangga yang selalu dilakukannya. Sementara itu sang suami tanpa sepengetahuan istri telah membanting tulang, bahkan melakukan segalanya termasuk mengorbankan harga dirinya demi keluarga. Namun istri yang tak mengetahui pengorbanan suami terus menerus menyalahkan suami dan bahkan menuntut lebih.

Di film ini, pasangan ini akhirnya memutuskan untuk bercerai. Namun setelah perceraian ini terjadi, justru pasangan ini baru menyadari apa yang telah dilakukan dan apa yang telah dikorbankan oleh masing-masing pihak tanpa sepengetahuan pasangannya. Dengan alasan tak ingin membebani masing-masing dengan persoalannya, dan merasa diri masih sanggup untuk menanggungnya seorang diri.

Idealnya dalam pernikahan keterbukaan dengan pasangan memang sangat penting. Namun di sisi lain, film ini ingin mengajar kita, jangan terburu-buru memberikan penilaian pada pasangan hanya karena mereka tidak bisa sesuai dengan harapan kita. Karena belum tentu kita tahu apa yang sesungguhnya mereka alami dan apa yang sesungguhnya telah mereka lakukan demi kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here