Passion memang terbukti bisa meningkatkan performa seseorang. Orang tersebut akan menjadi lebih semangat ketika bekerja karena memiliki antusiasme yang tinggi pada hal tersebut. Namun, passion saja tidaklah cukup. Passion harus diimbangi dengan komitmen. Seseorang yang berkomitmen inilah yang biasanya menjadi orang sukses. 

Memaksakan diri untuk bekerja sesuai dengan passion, lama kelamaan akan “membunuh” diri kita secara perlahan namun pasti. Maka dari itu, mulailah menyusun karier dengan realistis dengan cara:

1. Jadilah seperti startups!

Maksud untuk menjadi seperti startups adalah setiap hari memiliki gairah untuk terus tumbuh dan berkembang menjadikan diri berguna untuk masyarakat lingkungan sekitar. Kita harus mengenali apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, dan kita jadikan itu sebagai peluang untuk membangun piramida kesuksesan diri kita.

2. Jadilah Konsisten!

Ada banyak orang yang menjadi gagal karena tidak sabar mengikuti proses. Jadilah orang yang senantiasa bersabar ditempa dan diproses menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari hari ke hari. Menjadi konsisten, terus menerus melakukan sesuatu yang berulang hingga menjadi mahir adalah kunci sukses membangun piramida kesuksesan yang kedua.

3. Jadilah manusia!

Kita adalah manusia. Kita bukanlah mesin atau robot yang perlu diatur dan dioperasikan oleh pihak lain. Jadilah manusia! Artinya, milikilah perencaan yang matang. Susunlah setiap detail yang harus kamu kerjakan sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki.

Kunci ketiga membagun piramida kesuksesan adalah memiliki perencanaan yang jelas dan kita mengetahui dengan benar apa yang ingin kita raih.

Ketika kita bisa bekerja sesuai dengan passion itu merupakan sebuah anugerah yang harus kita syukuri. Namun, jika hal itu tidak bisa kita raih, janganlah memaksakan diri. Jadilah orang yang bertekun mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab. Terus bekerja keraslah sampai kita mampu melakukan passion kita dengan sesuka hati. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here