Belum lagi suara rengekannya tiap kali saya coba menaruhnya. Tapi tentu menjadi ibu isinya tidak melulu melelahkan, selalu ada momen indah yang terselip dalam keseharian menjadi seorang ibu. Tapi jujur, saya sering melewatkannya sebab sudah terlalu lelah rasanya untuk menikmati apa pun juga. 

Jadi bagi para ibu yang juga mengalami hal demikian, kamu tidak sendirian. 

3. Perhatikanlah rasa kehilangan yang kami alami

Kehilangan tentu tidak pernah mudah dihadapi, apalagi diterima. Bagi seorang ibu, kehilangan tidak melulu ketika ia harus berhadapan dengan kematian anaknya, tapi juga ketika ia mesti kehilangan banyak hal yang dulunya bisa ia lakukan sebelum ada anak yang harus dirawatnya. Bagi saya yang sebelumnya bisa menjalani studi lanjut, aktif ke sana-sini dan melakukan ini dan itu, tiba-tiba harus diam di rumah karena masa kehamilan dan berlanjut mengurus anak, jujur sangat berat.

Ada perasaan tidak berguna, ada perasaan tertekan sendirian, ada perasaan kehilangan hidup yang biasanya, dan kadang kehilangan diri saya. Apakah yang lain mengalami hal yang sama? Seorang teman dekat saya ternyata, juga mengalaminya. 

Menjadi seorang ibu, sering kali membuat seseorang mengalami banyak kehilangan. Tidak mudah bukan? Apalagi ditambah dengan tugas membesarkan anak yang tentu sangat penting dan perlu lebih banyak lagi pengorbanan. Seringkali seorang ibu lupa merawat dirinya, merawat hatinya, lalu justru akhirnya melukai keluarganya. Sebab seorang ibu yang tertekan dan lelah, takkan sanggup terus menerangi seisi rumah dengan kehangatan yang biasanya bisa diberikannya. 

Bagi setiap ibu yang sedang lelah, bersandarlah sejenak, ambil nafas, dan hujani dirimu dengan penghargaan. Sebab kamu telah melakukan yang bisa kamu lakukan, berlelah berupaya, tanpa tahu kapan ujungnya. You deserve a good rest or if that is impossible for now, at least a cup of ice cream

Saya tidak bisa menjanjikan keadaan akan membaik, tapi setidaknya cobalah untuk tidak terlalu keras pada diri. Beri sedikit jeda, sebelum kembali memberi semuanya pada keluarga. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here