Jangan dikira saya tidak pernah merasakan kegalauan dan keterusikan tentang status saya sebagai single. Perasaan ini semakin kencang dirasakan ketika kita menghadiri pesta pernikahan teman. Ketika cinta kita bertepuk sebelah tangan, ketika kita stres dan membutuhkan orang lain yang dapat memberikan support namun nyatanya tak satupun nama yang dapat disebut. Ketika desakan dari keluarga dan lingkungan makin intens agar kita segera menemukan pasangan.  Ah, saya tidak sendirian. Anda mungkin juga familiar dengan perasaan dan kondisi seperti ini ya. 

Ketika Pertanyaan: ‘Kok Masih Sendiri?‘ Menyerbu

Dalam kehidupan saya pribadi, ada masa terutama memasuki usia 40 tahun tapi belum ada tanda akan segera menemukan pasangan hidup, merupakan fase kehidupan yang cukup bergejolak. Sepertinya ada sesuatu yang kurang, jika di usia ini masih single. Berusaha untuk mencari pasangan? Iya. Mulai dari berkenalan, dikenalin, membangun interaksi dan pertemanan. Hanya ikut biro jodoh yang belum saya coba.  Namun ternyata prosesnya tidak mudah juga, apalagi untuk langsung menemukan yang cocok? Proses menjadi tidak mudah bukan semata soal relasi ekslusifnya itu sendiri, tetapi juga banyaknya dialog dengan diri sendiri disertai kekhawatiran mengenai komitmen, kesiapan untuk melepaskan status lanjang, dan tujuan menikah. 

Bagaimana saya melewati proses ini? Saya belajar banyak. Mulai dari berdiskusi dengan beberapa orang yang sudah menikah, berdiskusi dengan mereka yang juga masih lanjang, sambil mengukur realitas dan kebutuhan diri saya sendiri. Dalam masa belajar ini saya benar-benar harus jujur dengan diri saya sendiri.

What makes me feel so scary if I don’t get married, yet. Should I feel hopeless and helpless if I am still a single woman? Does married life make everything feel better or looks happier? What does God’s purpose for my life now? What I can do to make my life to the fullest? Itulah kira-kira pertanyaan perenungan pribadi yang muncul dan sangat saya membantu melewati proses sebagai seorang single.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here