2. Hargai dirimu sendiri terlebih dahulu

Saya yakin banyak dari kita yang karena terlalu sering melihat pencapaian orang lain, lantas menjadi keras pada diri sendiri. Mungkin juga karena orang di sekitar Anda suka membandingkan, sehingga Anda merasa diri kecil, tak berarti dan tidak berhasil.

Sekali lagi, jangan melihat pada hasil dari orang lain. Belum tentu juga apa yang mereka tampilkan di media sosial sama dengan kenyataannya. Lihatlah pada diri Anda sendiri terlebih dulu, belajarlah untuk menghargai diri sendiri dan pencapaiannya. Setiap kali Anda berusaha melakukan sesuatu yang lebih baik dibanding hari kemarin, berikan apresiasi pada diri sendiri.

3. More than that, find your own goal of life

Ketika Anda melihat apa yang berhasil dicapai oleh orang lain, Anda melupakan apa yang sebenarnya menjadi goal Anda sendiri. Apa tujuan hidup Anda, apa yang membuat hidup Anda berarti. Standar dari apa yang Anda raih, tidak selalu sama dengan standar orang lain.

Temukan kegiatan apa yang memberi Anda kepuasan, dan tidak perlu mencontoh dari orang lain. Sia-sia saja mencontoh orang lain jika hasilnya tidak memberikan Anda kesenangan batin.

Banyaklah bergaul dengan orang-orang yang menghargai setiap kerja keras Anda, dan bukan sekedar mencacati atau membandingkan kinerja Anda dengan yang lain. Temukan support system yang membuat Anda semakin bertumbuh sepanjang hari, sehingga Anda, secara otomatis, menjadi lebih bersemangat dalam mencapai goal dalam hidup Anda sendiri.

And that’s how you’ve became more productive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here