Belakangan ini, sebuah pertanyaan menarik saya untuk menjalani salah satu kemungkinan yang ada. Inilah pertanyaan itu:

Apakah mungkin seseorang menderita Covid-19 sebanyak dua kali?

Untuk menjawab pertanyaan ini, para ahli menggunakan coronavirus tipe 5, yaitu MERS sebagai patokan. Kesimpulan sementara, orang-orang yang pernah terinfeksi Covid-19 akan memiliki kekebalan tubuh.

Empat tipe coronavirus lainnya (229E, NL62, OC43, dan HKU1) merupakan virus yang lebih umum dikenal dan dihadapi manusia. Satu tipe lagi, yang juga sempat membuat gempar adalah SARS.

Covid-19, atau tipe ketujuh dari coronavirus masih sangat baru. Hingga para ilmuwan dan peneliti berhasil menemukan vaksin yang tepat, yang bisa kita lakukan adalah menjaga diri dan sebisa mungkin menekan jumlah korban. Dengan melakukan bagian kita masing-masing, kita bisa menahan laju penyebaran virus Covid-19 dan melindungi orang-orang yang kita kasihi.

Saya akhirnya menyadari bahwa endgame dari semua yang kita lakukan ini sangatlah sederhana. Kita mengisolasi diri, membatasi pergerakan, merelakan sebagian kebebasan untuk alasan yang sama dengan tindakan pemerintah menutup sekolah-sekolah, perkantoran, dan pusat-pusat keramaian.

Semua pengorbanan itu adalah untuk membeli waktu.

Kita membeli waktu untuk para petugas kesehatan, sehingga mereka bisa bekerja melayani pasien dan juga bisa beristirahat.

Kita membeli waktu untuk para ilmuwan yang bekerja dengan cerdas di berbagai laboratorium di seluruh dunia.

Kita membeli waktu untuk mereka yang sudah terkena Covid-19 agar bisa melawan virus itu dan menyembuhkan diri kembali.

Kita membeli waktu, agar ketika pada waktunya kita juga harus terinfeksi Covid-19, sudah ada pertolongan tersedia untuk kita.

Hingga saat itu tiba, marilah kita menaruh percaya penuh kepada pihak-pihak yang bisa bergerak untuk melakukan apa yang terbaik.

Belikan waktu, sebanyak kita bisa, untuk mereka yang terus bekerja dan berusaha di tengah segala keterbatasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here