Ketiga, Hakikat “Kejatuhan” Sama, Akibat Sosial Berbeda

Hakikat “kejatuhan” di depan maupun di belakang panggung adalah sama, namun dapat membawa akibat sosial yang berbeda. Hal ini bergantung pada status pelaku dan jenis perbuatannya. Status pelaku dan jenis perbuatan akan menentukan seberapa besar dampak kerusakannya. “Kejatuhan” seorang pemimpin yang mempunyai reputasi internasional tentu beda dampaknya dengan yang hanya dikenal pada tingkat lokal. 

Semakin tinggi sebuah pohon, maka bukan saja semakin kencang angin bertiup, namun juga semakin besar potensi kerusakan apabila pohon itu roboh. 

Seberapa parah dampak kerusakan ini juga ditentukan oleh jenis “kejatuhan” seorang pemimpin. Ketidakjujuran finansial akan menghasilkan dampak sosial yang berbeda dengan perselingkuhan. Perkelahian fisik akan menghasilkan dampak sosial yang berbeda dengan pelecehan seksual. Pelanggaran moral tentu akan mengakibatkan dampak yang berbeda bila memasuki ranah hukum.

Keempat, Kebangkitan Sejati: Memulihkan Diri, Bukan Hanya Reputasi

Keinginan untuk bangkit setelah mengalami “kejatuhan” bisa berasal dari kesadaran akan akibat dari perbuatan itu sendiri, namun tak boleh hanya berhenti di sini, karena ada jebakan untuk hanya memulihkan reputasi bukan diri. 

Godaan terbesar pasca kejatuhan adalah keinginan untuk segera memulihkan reputasi.Reputasi adalah bagaimana orang lain menilai kehidupan kita. Keinginan untuk memulihkan reputasi adalah hal yang wajar. Siapa yang dapat hidup dengan nama yang buruk dan menjadi bahan percakapan di sana sini? Namun, pemulihan reputasi seharusnya adalah akibat dari pemulihan diri. 

Tanpa pemulihan diri, pemulihan reputasi hanya pencitraan saja. Pencitraan tak menolong, bahkan menghambat pemulihan diri yang sesungguhnya.

Tidak ada pemimpin yang merencanakan “kejatuhan”nya. Mereka “terjatuh” dalam kesendirian dan tak boleh dibiarkan tetap seorang diri. Tangan yang terulur mereka butuhkan. Apabila tak sanggup mengulurkan tangan, biarlah tangan ini terkatup, mendoakan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here