福 hadir lewat makanan hangat yang dimasak oleh para ibu. Masakan rumah dari tangan Mama adalah yang terbaik! Para anak rantau pasti setuju hal ini. Pulang ke rumah dan disambut dengan makanan hangat jerih lelah Mama terkasih luar biasa maknanya! Di sekitar meja bundar, dikelilingi kehangatan keluarga, makanan tentu jadi lebih nikmat! Inilah 福 yang tak terbeli dengan uang.

Belakangan tak sedikit keluarga yang memilih untuk mengadakan jamuan Malam Tahun Baru di resto karena pertimbangan praktis. Anak-anak tak ingin orang tua terlalu lelah hingga tak dapat menikmati momen kebersamaan. Orang tua juga ingin dapat makan bersama dengan suasana dan keadaan yang nyaman. Hal ini juga tak menyurutkan makna 福. Dapat menikmati jamuan makan juga sebuah berkat yang tak boleh dipandang remeh. Terlebih dapat menikmatinya bersama yang terkasih.

Tetap saja, biasanya di pagi tahun baru, keluarga yang masih memegang tradisi akan makan misua bersama. Semangkuk misua dengan telur ayam rebus utuh menjadi menu wajib untuk dihabiskan. Misua memiliki makna panjang umur dalam tradisi Tionghoa. Lagi-lagi 福 muncul dalam semangkuk misua dan doa agar yang menikmatinya dapat menjalani hari-hari yang baik dengan kesehatan yang prima dan diberi umur panjang.

Perjalanan bersama 福 belumlah usai. Sepanjang hari pertama di Tahun Baru, bukan hanya keluarga inti, tetapi keluarga dekat dan kerabat akan saling mengunjungi dan berkumpul. Biasanya akan berkumpul di rumah tetua yang paling senior. Di sinilah 福 akan hadir lewat berbagai narasi. Orang tua akan menceritakan pengalaman berharga mencapai kesuksesan. Terkadang kisah-kisah antara saudara akan dibagikan agar para kaum muda belajar dan memetik nilai berharga. Juga cerita perjuangan anak-anak mengukir prestasi, orang tua saling membanggakan pencapaian anak atau cucu. Narasi kebahagiaan akan bertebaran dan ditukarkan sepanjang hari.

Ah, kisah kebahagiaan bukan cuma kesuksesan materi atau pembagian bonus (dalam) angpao. Tetapi 福 sungguh dinyatakan lewat berbagai tradisi, dalam eratnya relasi, dan sepanjang kayanya narasi. Selamat Tahun Baru Imlek untuk fRRiends yang merayakan!

福壽雙全!

(Kiranya setiap kita menikmati kebahagiaan dan umur panjang!)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here