Apa yang membuat Anda tertarik dengannya dan memutuskan untuk menjadikan istri?

Novi memenuhi kriteria utama yang saya pikirkan waktu itu, antara lain:  

  • Sama agamanya dengan saya, syarat yang tidak bisa diganggu gugat
  • Cerdas, supaya ngomong bisa nyambung 
  • Cantik, dalam rangka memperbaiki keturunan
  • Chinese culture yang tidak berbeda jauh antara keluarga kami berdua

Karena dia introvert, maka curiosity itulah yang membuat saya makin semangat untuk mendekati dan mengejar-ngejar dia. Makin saya mengenal dia, makin banyak kecocokan yang saya temukan. Novi adalah pacar saya satu-satunya dan demikian juga ia tidak pernah berpacaran dengan cowok lain.

Jika dimulai sejak kami jadian di usia 16 tahun, maka total kami berpacaran adalah 10 tahun. Selama itu, tidak pernah ada kata berpisah, pun tidak ada pihak ketiga. Jadi tidak ada kandidat lain dan tidak alasan untuk tidak menjadikannya istri.   

Apakah ada tanda-tanda bahwa istri sebenarnya tak serius dengan imannya, meskipun di KTP pasti beragama?

Ketika SMA, Novi aktif sebagai guru sekolah minggu di sebuah gereja. Saat kuliah, Novi rutin mengajar sekolah minggu di gereja yang lain. Hal ini makin meyakinkan saya bahwa dia benar-benar pasangan hidup yang sepadan dari Tuhan. Kami kuliah di kota yang berjauhan. Selama bertahun-tahun aya selalu mengirimkan Buku Renungan Harian (RH) bersama surat-surat lewat pos. Saya sempat heran, ketika RH terlambat sampai di kotanya, dia sama sekali tidak komplain. Bukankah kalau sudah rutin memakai RH dan akhir bulan sudah habis, pasti tidak enak jika RH bulan berikutnya belum datang?

Saya sempat berpikir, apakah dia tidak rutin saat teduh? Ketika saya tanya, dia mengakui sering bolong-bolong. Sebagai anak muda, waktu itu saya naif sekali menilai kerohanian seseorang hanya dari aktivitasnya di gereja.  Apalagi melihat perilakunya yang kelihatan memenuhi nilai-nilai imannya, misalkan sopan, rajin, hemat, ulet, dan suka menolong. Sedikit pun tidak pernah terbesit bahwa saya menikahi seseorang yang tidak sungguh-sungguh mengasihi Tuhan.  

2 COMMENTS

  1. Wah ternyata ada ya pria seperti ini. Selama ini saya bahkan tidak pernah tau ada pria yang hanya 25% nya dari pria dalam artikel ini.
    Sedangkan posisi saya sekarang saya anggap mirip dengan artikel tentang seorang istri yang berdomisili di singapore.
    Beberapa kali saya memendam keinginan untuk minta kontak ibu yang tinggal di singapore tersebut. Barangkali bisa sharing tips dan trick untuk hidup sehari hari.
    Hari ini saya benar2 kaget kalo ternyata ada pria yang seperti ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here