1. Anak-anak belajar konsep pernikahan dari apa yang mereka lihat

Anak TK yang gaya bicaranya mirip orang dewasa dan sok ngebet mau nikah ini sebenarnya menyaksikan contoh pernikahan yang harmonis dan bahagia. Itu sebabnya, di usia yang harusnya masih asyik bermain, ia bisa berpikir tentang pernikahan.

Penting dan perlu bagi seorang anak, walaupun masih sangat kecil, untuk melihat contoh dan teladan yang baik dari sebuah kehidupan pernikahan.

Baca Juga: Meskipun Saya Setuju Tuhan Tidak Menyukai Perceraian, Tetap Saya Tidak Bisa Menahan Diri untuk Mengatakan Ini

2. Anak-anak tetaplah anak-anak, sekalipun yang dikatakannya tampak sangat dewasa

Orang tua seringkali panik kalau anaknya masih kecil sudah berani ngomong soal pacaran dan pernikahan. Sebagai orang dewasa, kita memikirkan arti pacaran dan pernikahan sesuai dengan yang kita alami.

Sementara anak-anak hanya berpikir berdasarkan apa yang mereka lihat dan ketahui.

Walaupun tampak sangat berani bilang mau nikah, murid saya Kevin tidak tahu-menahu bahwa pernikahan adalah perkara serius orang dewasa. Terlihat dari jawaban-jawabannya yang polos dan penuh keterkejutan atas pertanyaan saya.

3. Sekalipun masih kecil, anak-anak punya pikiran yang besar. Sebagai orang tua, tidak seharusnya kita meremehkan

Seandainya saya berkata pada Kevin, “Masih kecil kok sudah mau nikah,” pastilah Kevin akan menutup diri dan tidak mau berbincang-bincang dengan saya tentang keinginannya untuk menikah.

Justru karena saya tanggapi santai tanpa menentang idenya untuk menikahi teman sekelasnya, Kevin mau terbuka. Bahkan, melalui percakapan kami, saya bisa menyadarkannya bahwa pernikahan bukanlah perkara ringan dan bisa dilakukan anak-anak, melainkan perkara serius untuk orang dewasa.

Sekalipun masih kecil, anak-anak punya pikiran yang besar. Sebagai orang tua, tidak seharusnya kita meremehkan.

Sebagai orang tua, saya harap kita bisa bijaksana menyikapi ide-ide besar dari manusia-manusia kecil ini.

Baca Juga: Tak Hanya Bicara, Orang Tua Belajarlah Mendengarkan Anak-Anak. Inilah Cara dan Manfaatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here