Tetapi seorang pejuang adalah orang yang tahu bahwa tantangan yang harus dihadapi tidaklah mudah, tetapi ia tidak mudah menyerah. Bahkan saat dalam keadaan terjepit, ia akan terus berjuang. Tanpa perjuangan, kemenangan tak akan kita peroleh.

3. Hidup adalah perjalanan panjang

Satu kali motor saya kehabisan bahan bakar. Saat itu jam 23.00, sementara jalan yang saya lewati sangat sepi dan jauh dari rumah saya. Untuk menuju ke stasiun pengisian bahan bakar, saya harus kembali dan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Saya menuntun motor saya, melewati jalan yang cukup panjang. Setelah beberapa saat, saya merasa lelah, namun ketika melihat lampu SPBU dari kejauhan, saya jadi bersemangat. Saya menuntun motor dengan lebih cepat, karena tahu tujuan saya mendapatkan bahan bakar untuk motor saya.

Seperti itulah dalam menjalani hidup, kita harus melewati perjalanan panjang. Yang diperlukan adalah kita harus tahu bahwa setiap kita memiliki tujuan.

Tujuan hidup kita akan menuntun kita melewati perjalanan yang panjang, sehingga saat kita menghadapi perjalanan yang melelahkan, kita tidak memutuskan untuk berhenti dan mengakhiri semuanya. Kita akan tetap berada di jalur kita, menyelesaikan semuanya.  

Sebenarnya, hidup yang kita miliki adalah kesempatan untuk melakukan yang terbaik, meski kita tak selalu dapat yang terbaik. Hidup adalah kesempatan untuk kita belajar, kesempatan untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain. Apa pun yang terjadi dalam hidup kita, maukah kita mensyukurinya, berpikir lebih panjang, dan memiliki asa?

Baca Juga:

Tak Pernah Kehidupan Mengambil dari Kita, Selain untuk Mengganti dengan yang Lebih Baik. Lebih Baik di Mata Sang Empunya Kehidupan

Kegagalan Tidak Selalu Berarti Buruk, Inilah 4 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik Darinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here