Di dalam penjara ia banyak belajar untuk mengubah dirinya dan ia berharap selepasnya dari penjara ia bisa menjadi orang yang benar-benar baru. Oleh karena itu beliau meminta agar orang-orang tak lagi memanggilnya Ahok pria yang telah menjadi masa lalu, tapi Call Me BTP. Identitas yang baru yang diharapkan mewujud dalam karya yang baru pula.

3. Proses yang membuatnya makin mencintai Indonesia

Selama ini Ahok selalu dikenal sebagai orang ‘Tionghoa’ pertama yang menjabat sebagai Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta. Sekalipun ia lahir dan dibesarkan di tanah air Indonesia Raya ini, orang-orang masih menganggapnya seorang pria keturunan. Apalagi nama Ahok begitu melekat kepadanya dan orang-orang banyak justru memanggilnya Ahok dan bukannya Basuki.

Selepas dari penjara Ahok tak ingin lagi dinilai sebagai seorang pria keturunan, pria asing, sekalipun ia telah lahir dan dibesarkan di Indonesia (sebuah permasalahan yang banyak dialami oleh keturunan Tionghoa di Indonesia). Beliau ingin dikenal sebagai orang Indonesia, bertanah air Indonesia, bertumpah darah Indonesia, yang bangga dan cinta pada negara Republik Indonesia.

Jadi beliau ingin agar orang-orang memanggilnya dengan nama Indonesia yang juga telah diberikan oleh kedua orang tuanya kepadanya. Call Me BTP.

Nama beliau Basuki Tjahja Poernama memiliki makna yang indah. Basuki berarti pembawa berkat, Tjahja Poernama berarti cahaya bulan purnama. Secara utuh namanya bisa berarti Pembawa Berkat yang bersinar bagaikan Cahaya Purnama.

Semoga selepas BTP dari penjara beliau bisa benar-benar hidup sesuai dengan arti namanya dan menjadi berkat bagi banyak orang-orang lain di sekitarnya bagaikan cahaya purnama yang senantiasa menyinari gelapnya malam.

Karena nama adalah doa, semoga permohonan ini dapat kita kabulkan: Call me BTP, not Ahok.


Baca Juga:

Ahok Menikah Lagi, Kok Pada Heboh, Sih? Saya Mendapati 3 Hal di Balik Kehebohan Ini

Ahok Bebas dari Penjara, Lalu Apa yang Dapat Kita Pelajari? Satu Hal Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here