Menceritakan legacy yang ditinggalkan

Bila kita cukup dekat dengan keluarga yang berduka, kita bisa mengingat pembelajaran hidup yang kita dapatkan lewat kehidupannya. Pembelajaran ini bisa muncul dari interaksi kita dengan Beliau ketika masih hidup. Pembelajaran kehidupan ini bisa kita saksikan melalui kebiasaan keluarga yang ada, atau dari sifat yang ditunjukkan oleh anak-anaknya sebagai hasil dari didikan Beliau.

Warisan kehidupan (legacy) yang melebihi harta benda ini akan memberikan kekuatan kepada keluarga yang berduka, sekaligus dukungan agar mereka terus melestarikan nilai-nilai berharga itu sebagai bentuk penghargaan kepada dia yang telah pergi.

Memberikan ruang berkabung untuk keluarga

Salah satu hal yang sulit untuk dilakukan oleh keluarga yang berduka adalah menjalani masa duka itu sepenuh jiwa. Tidak jarang keluarga itu akan sibuk mengurus berbagai acara, mulai dari makanan yang akan disajikan untuk tamu, ibadah penghiburan, hingga acara pemakaman. Di beberapa budaya, kegiatan perkabungan masih berlanjut dengan acara peringatan tujuh hari. Waktu dan tenaga yang ada justru terkuras habis untuk berbagai serangkaian kegiatan perkabungan, bukan untuk waktu berkabung sepenuh jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here