Saya kagum mendengar Beliau berkisah, “Wah…apa ngga pernah merasa pengen gitu, Bu?”

Beliau meneguk lemon tea yang ada di hadapannya lalu menjawab, “Engga tuh. Kuncinya harus bersyukur! Bersyukur bisa makan baso ayam atau baso ikan, ngga harus baso sapi. Bersyukur bisa makan ikan tim, ngga kalah enaknya dengan tenderloin steak. Bersyukur bisa makan ayam goreng, ngga harus ayam bakar atau sate ayam.”

Beliau tersenyum lebar dan melanjutkan, “Rasa syukur akan menolong kita melihat masih ada banyak hal yang Tuhan berikan dalam hidup ini, ada banyak hal yang IA izinkan untuk kita nikmati. Dengan bersyukur, kita dapat melihat dengan jelas berkat-Nya yang besar ; kita tidak dibayangi dengan keterbatasan kita yang sebenarnya menjadi sangat sepele dibanding kelimpahan yang IA anugerahkan.”

Belajar Bersyukur

Keterbatasan dan tantangan bisa saja hadir di jalan kehidupan ini. Tapi ketika kita memilih untuk memandang hal baik yang Tuhan berkatkan dan belajar mensyukurinya, kita jadi punya perspektif yang sehat. Gara-gara alergi si kecil, saya memang menjadi sangat terbatas dan hati-hati memilih makanan. Pernah ketika menghadiri pesta pernikahan kerabat, saya tak bisa makan apapun selain makanan pembuka dan desserts.

Paling tidak sampai si kecil disapih, saya hanya bisa menikmati bebek goreng dan udang rebus dari aroma dan tampilannya saja. Tapi bayangkan betapa banyaknya sayur-mayur dan buah-buahan yang masih bisa saya nikmati tanpa batas. Tak ada mie, bihun pun jadi; ayam bakar menjauh, tenderloin steak masih dalam jangkauan.

Rasa syukur membuat perjalanan ini makin ringan. Masih banyak makanan yang bisa dinikmati! Berbagai cita rasa masih bisa mampir di lidah. Rasa syukur juga membuat saya menyadari alergi si kecil bukanlah sebuah kerugian. Bertahun-tahun mencoba menurunkan berat badan tanpa hasil, kali ini dalam hitungan bulan saya dapat kembali ke berat badan saya 10 tahun lalu!

Alergi dan rasa syukur adalah kombinasi yang sangat menarik mencapai kebahagiaan dan kepuasan! Alergi dan rasa syukur memang membawa nikmat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here