Beberapa waktu lalu, seorang teman mengajari saya bermain sebuah board game bernama Splendor.

Itu adalah kali kedua saya memainkannya. Karena itu, ia masih membimbing saya sepanjang permainan berlangsung.

Photo credit: Instagram @bgmaniacs

Splendor adalah sebuah permainan strategi menggunakan berbagai “batu berharga” sebagai alat tukar dan harta. Kemenangan didapat bilamana seseorang bisa mendapatkan batu mulia dengan nilai 15 poin.

Setelah setup dilakukan dan penjelasan dasar diberikan, permainan dimulai.

Board game Splendor diciptakan pada tahun 2014. Dan karena popularitasnya, game ini memenangkan 2014 Golden Geek Board Game of the Year, 2014 Golden Geek Best Family Board Game, 2014 UK Games Expo Best New Board Game, dan berbagai penghargaan lainnya.

Mudah dipelajari, bisa dimainkan berkali-kali, mengasyikkan untuk dimainkan bersama, serta tidak memakan waktu yang terlalu lama (sekitar 30 menit untuk sekali putaran), game ini memiliki semua bahan baku untuk sukses.

Setiap giliran datang dengan tiga pilihan. Saya bisa memilih untuk (1) mengambil tiga batu permata yang berbeda atau dua batu permata yang sama, (2) menggunakan batu permata yang sudah terkumpulkan untuk membeli dan membangun kartu-kartu permata, atau (3) mereservasi sebuah kartu permata untuk dibeli di kemudian hari.

Dengan modal awal yang sama (nol), kami pun mulai membangun “gunung permata” kami.

Splendor – Photo credit: Instagram @tabletopbgcafe

Sambil bermain, sambil membangun strategi, kami berbagi cerita.

Teman saya berkata, banyak orang mengidentifikasikan board game dengan Monopoly. Seakan-akan hanya Monopoly satu-satunya board game yang asyik untuk dimainkan.

Mungkin, lanjutnya, kata ‘Monopoly’ itu bisa digolongkan ke dalam kategori yang sama seperti ketika kita menggunakan kata ‘Tipp-Ex’ (untuk cairan pengoreksi), ‘Pampers’ (untuk popok sekali pakai), ‘Stabilo’ (untuk marker penanda tulisan) dan ‘Indomie’ (untuk mi instan). Karena ketenarannya, orang-orang menggunakan nama brand untuk mewakili sebuah industri yang besar.

Padahal, di dunia board game, terdapat berbagai macam game yang sangat bagus dan bervariasi. Ada yang ditargetkan untuk anak-anak, ada yang untuk dewasa. Ada yang memakan waktu yang panjang dan ada yang bisa selesai dalam waktu 15 menit. Ada permainan yang mengharuskan kita bekerja sama dan ada pula yang bersifat perorangan. 

Dari segala perbedaan itu, satu persamaan muncul:

komunitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here